Senin, 13 Desember 2010

Tips Kebaya Cantik Dambaan Wanita

Kini kebaya tak harus melulu berkesan tua. Bisa dilihat, sekarang telah banyak rancangan kebaya modifikasi yang cocok dikenakan bahkan oleh remaja. Kebaya pun bisa dikenakan dalam berbagai acara, baik formal maupun non-formal. Baik itu kebaya modern maupun kebaya tradisional. Begitu banyak ragam kebaya sekarang. Memang, pakaian kebaya dengan desain-desain mewah membutuhkan perawatan khusus. Bukan hanya penjahit kebaya, tapi kita juga harus tau bagaimana merawatnya. Bahannya yang biasanya merupakan brokat atau serat halus, dan dihiasi dengan berbagai payet, harus ditangani dengan berbeda.

1. Bahan dan Aplikasi
Mencuci kebaya bukanlah hal mudah. Apalagi bila kebaya Anda dipenuhi dengan payet-payet yang cantik. Untuk menghindari rusaknya aplikasi payet tersebut, jangan sekali-kali mencucinya di mesin cuci, atau menguceknya.

Selain beresiko akan merusak aplikasi payet, tindakan tersebut akan merusak serat kain yang halus. Untuk amannya, tak ada salahnya Anda mencucikan kebaya mewah (kebaya modern atau tradisional) Anda di laundry yang terpercaya.

2. Cara Mencuci
Bila Anda ingin mencuci kebaya Anda sendiri, Anda harus memberi perhatian lebih. Pertama-tama, rendam dalam air bersih yang telah dicampur satu sendok makan bubuk detergen. Jangan rendam terlalu lama, 10 menit saja cukup, lalu bilas sampai bersih. Untuk menjemurnya, disarankan agar menghindari sinar matahari langsung. Bahkan sebenarnya cukup diangin-anginkan sampai kering.

3. Enyahkan Noda
Kadang tanpa sengaja, kita mengotori kebaya dengan noda. Bila itu terjadi, gunakan saja air jeruk nipis tepat di atas noda. Diamkan beberapa saat sampai cukup meresap, lalu rendam bagian kebaya Anda yang bernoda tersebut. Jadi bersihan setiap detil kebaya tradisional maupun yang modern.
4. Usir Ngengat
Ngengat adalah musuh pakaian. Kebaya yang sudah cukup lama Anda simpan di lemari pun bisa menjadi sasaran empuk bagi ngengat. Sesekali keluarkan koleksi kebaya yang telah lama Anda simpan dari dalam lemari dan angin-anginkan. Beberapa penjahit kebaya ada yang terbiasa dengan cara seperti ini.
Untuk mengusir ngengat, jangan lupa taruh kapur barus atau kamper di lemari tempat Anda menyimpan kebaya.
Posting Komentar
Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...